PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SHARAF YANG EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MODERN DI DAARUL QUR'AN MULIA

Authors

  • Mila Handayani Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia

Keywords:

Sharaf, Wazn, Arabic Language Learning

References

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, A. (2012). Linguistik umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djais, K. M. (2019). Analisis kesulitan belajar hiwar pada pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Negeri Ternate. Jurnal Dodoto, 18(18), 78–91.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi belajar (Edisi ke-2). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran bahasa Arab: Problematika dan solusinya. Arabiyât: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(2), 161–180. https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1137

Hamalik, O. (2002). Metode belajar dan kesulitan-kesulitan belajar. Jakarta: Gramedia.

Hermawan, A. (2011). Metodologi pembelajaran bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hidayat, N. S. (2012). Problematika pembelajaran bahasa Arab. An-Nida', 37(1), 82–88.

Hidayat, N. R., & Hawanti, S. (2021). Problematika penguasaan tiga bahasa pada santri putra kelas X di Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok tahun ajaran 2019/2020. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 8(1), 47–55. https://doi.org/10.21831/metafora.v8i1.39167

Islam, A. M. S. (2015). Faktor demotivasi pembelajaran bahasa Arab dalam perspektif siswa madrasah. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1516

Mulyadi, H. (2010). Diagnosis kesulitan belajar dan bimbingan terhadap kesulitan belajar khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Pamessangi, A. A. (2019). Analisis kesulitan belajar bahasa Arab mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palopo. Al Ibrah: Journal of Arabic Language Education, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.47467/alibrah.v2i1.127

Permata, B. A. (2015). Teori generatif-transformatif Noam Chomsky dan relevansinya dalam pembelajaran bahasa Arab. Empirisma: Jurnal Pemikiran dan Kebudayaan Islam, 24(2), 235–250.

Sardiman, A. M. (2003). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Subini, N. (2013). Mengatasi kesulitan belajar pada anak. Yogyakarta: Javalitera.

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra, 22(73), 33–41.

Syah, M. (2013). Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Syafaah, D., & Dewi, I. S. (2019). Tantangan pesantren salaf dalam pembelajaran bahasa Arab di era globalisasi. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 576–584.

Valendri, E. (2017). Upaya guru pembimbing mengatasi kesulitan belajar melalui bimbingan belajar di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 2(2), 18–29.

Downloads

Published

2025-06-18