STUDY LITERATURE REVIEW ANALISIS KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA
Keywords:
Study Literature Review, Keterampilan, KomunikasiAbstract
Komunikasi merupakan kegiatan utama yang dilakukan oleh manusia sebagai makhluk social. Kegitan berkomunikasi terdapat dalam proses pembelajaran, yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah komunikasi antara siswa dengan guru maupun komunikasi dengan sesama siswa. Penelitian ini menggunakan metode study literature rerview (SLR) yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan komunikasi siswa. Ada beberapa standar pemilihan jurnal, diantaranya tahun terbit, ISSN, dan kelengkapan identitas jurnal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa komunikasi siswa masih membutuhkan perbaikan dan peningkatan agar tercipta suasana pembelajaran yang baik.
References
Amanda, Roseli, Erlisnawati, and Otang Kurniaman. 2022. “Analisis Keterampilan Komunikasi Lisan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di SD.” Jurnal Educhild (Pendidikan & Sosial) 11(2):75–79.
Bukit, Servista. 2022. “Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 101835 Sibolangit Di Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Dewantara 1(1):29–34.
Pratiwi, Egidia Anjaswati, A. Hari Witono, and Abdul Kadir Jaelani. 2022. “Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 32 Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Ajaran 2021/2022.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(3b):1639–46. doi: 10.29303/jipp.v7i3b.832.
Priharsari, Diah. 2022. “Systematic Literature Review Di Bidang Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 9(2):263. doi: 10.25126/jtiik.2022923884.
Putri, A. J., A. Arsil, and A. R. Kurniawan. 2020. “Analisis Pencapaian Keterampilan Komunikasi Pada Proses Pembelajaran.” JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 3(2):154–61.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adelia Raisyah Arifin Panjaitan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.