STUDY LITERATURE REVIEW ANALISIS KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA

Authors

  • Adelia Raisyah Arifin Panjaitan UIN Sumatera Utara

Keywords:

Study Literature Review, Keterampilan, Komunikasi

Abstract

Komunikasi merupakan kegiatan utama yang dilakukan oleh manusia sebagai makhluk social. Kegitan berkomunikasi terdapat dalam proses pembelajaran, yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah komunikasi antara siswa dengan guru maupun komunikasi dengan sesama siswa. Penelitian ini menggunakan metode study literature rerview (SLR) yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan komunikasi siswa. Ada beberapa standar pemilihan jurnal, diantaranya tahun terbit, ISSN, dan kelengkapan identitas jurnal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa komunikasi siswa masih membutuhkan perbaikan dan peningkatan agar tercipta suasana pembelajaran yang baik.

References

Amanda, Roseli, Erlisnawati, and Otang Kurniaman. 2022. “Analisis Keterampilan Komunikasi Lisan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di SD.” Jurnal Educhild (Pendidikan & Sosial) 11(2):75–79.

Bukit, Servista. 2022. “Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 101835 Sibolangit Di Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Dewantara 1(1):29–34.

Pratiwi, Egidia Anjaswati, A. Hari Witono, and Abdul Kadir Jaelani. 2022. “Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 32 Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Ajaran 2021/2022.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(3b):1639–46. doi: 10.29303/jipp.v7i3b.832.

Priharsari, Diah. 2022. “Systematic Literature Review Di Bidang Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 9(2):263. doi: 10.25126/jtiik.2022923884.

Putri, A. J., A. Arsil, and A. R. Kurniawan. 2020. “Analisis Pencapaian Keterampilan Komunikasi Pada Proses Pembelajaran.” JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 3(2):154–61.

Downloads

Published

2025-05-19