Journal of Social Studies and Social Science https://journal.uinsu.ac.id/index.php/JS4 <table width="512"> <tbody> <tr> <td> </td> <td>Name</td> <td>:</td> <td><strong>(JS4) Journal of Social Studies and Social Science </strong></td> </tr> <tr> <td> </td> <td>Frequency</td> <td>:</td> <td>2 times a year (June and December)</td> </tr> <tr> <td> </td> <td>DOI</td> <td>:</td> <td>by Crossref</td> </tr> <tr> <td> </td> <td>ISSN </td> <td>:</td> <td>XXXX-XXXX (Online)</td> </tr> <tr> <td> </td> <td>Publisher</td> <td>:</td> <td>FITK UIN Sumatera Utara</td> </tr> <tr> <td> </td> <td>Editor in Chief </td> <td>:</td> <td>Dr. Usiono, M.A</td> </tr> <tr> <td> </td> <td>Citation Analysis </td> <td>:</td> <td>Google Scholar</td> </tr> </tbody> </table> <p><strong>JS4 (Journal of Social Studies and Social Science)</strong> is a <strong> </strong>is a peer reviewed, open access, scholarly journal that provides a dedicated, interdisciplinary forum for international research on all aspects of social studies. <strong>JS4 </strong>published by Pusat Kajian Pendidikan dan Kemanusiaan (PKPK) Faculty of Islamic Education and Teacher Training UIN Sumatera Utara. <strong>JS4</strong> covers critical social studies on Indonesian and Third World social issues which are analyzed using various scientific perspectives.</p> en-US usiono@uinsu.ac.id (Dr. Usiono, M.A) yummyjumiatimarsa@uinsu.ac.id (Yummy Jumiati Marsa, M.Pd) Sat, 04 Oct 2025 07:03:55 +0000 OJS 3.2.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peningkatan Murid dalam Menerima Pembelajaran dari Guru di MTs Al Washliyah Percut https://journal.uinsu.ac.id/index.php/JS4/article/view/59 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan kemampuan murid dalam menerima pembelajaran dari guru di MTs Al Washliyah Percut. Latar belakang penelitian didasari oleh pentingnya peran guru dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, dan relevan dengan konteks lokal, mengingat data Kementerian Pendidikan (2022) menunjukkan bahwa 42% siswa SMP/MTs di Indonesia mengalami kesulitan memahami materi karena metode pembelajaran yang kurang variatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam mengelola kelas, membangun komunikasi dua arah, beberapa materi dengan kehidupan sehari-hari siswa, serta memberikan motivasi yang konsisten. Hambatan yang ditemukan antara lain keterbatasan, kurangnya pelatihan inovasi bagi guru, dan rendahnya keterlibatan orang tua. Penelitian ini merekomen</p> nurul2807_ Copyright (c) 2025 nurul2807_ https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.uinsu.ac.id/index.php/JS4/article/view/59 Sat, 04 Oct 2025 00:00:00 +0000