Peningkatan Murid dalam Menerima Pembelajaran dari Guru di MTs Al Washliyah Percut

Authors

  • nurul2807_ universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Peningkatan, Murid, Pembelajaran, Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan kemampuan murid dalam menerima pembelajaran dari guru di MTs Al Washliyah Percut. Latar belakang penelitian didasari oleh pentingnya peran guru dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, dan relevan dengan konteks lokal, mengingat data Kementerian Pendidikan (2022) menunjukkan bahwa 42% siswa SMP/MTs di Indonesia mengalami kesulitan memahami materi karena metode pembelajaran yang kurang variatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam mengelola kelas, membangun komunikasi dua arah, beberapa materi dengan kehidupan sehari-hari siswa, serta memberikan motivasi yang konsisten. Hambatan yang ditemukan antara lain keterbatasan, kurangnya pelatihan inovasi bagi guru, dan rendahnya keterlibatan orang tua. Penelitian ini merekomen

References

Azizah, N. (2021). Media pembelajaran interaktif berbasis teknologi. Jurnal Teknologi Pendidikan , 9(2), 115–127.

BPS. (2021). Statistik Pendidikan Indonesia 2021 . Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Hasanah, U. (2021). Pelatihan inovasi pembelajaran bagi guru. Jurnal Pendidikan , 8(3), 55–64.

Haris, R., dkk. (2021). Komunikasi dua arah dalam pembelajaran aktif. Jurnal Ilmu Pendidikan , 15(1), 33–45.

Kurniawan, A. (2020). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter , 10(1), 45–57.

Miles, MB, Huberman, AM, & Saldaña, J. (2014). Analisis data kualitatif: Buku sumber metode . Publikasi SAGE.

Mulyadi, D. (2019). Peran keluarga dalam prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , 14(2), 210–218.

Ningsih, S. (2019). Dukungan orang tua dalam pendidikan anak. Jurnal Psikologi Pendidikan , 11(1), 78–86.

Prasetyo, H. (2020). Media digital interaktif untuk pembelajaran efektif. Jurnal Teknologi dan Pendidikan , 5(2), 90–102.

Rahman, F., & Sari, D. (2021). Peran guru dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Modern , 12(4), 301–310.

Saputra, B. (2022). Motivasi belajar siswa di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran , 7(1), 23–34.

Setiawan, M. (2022). Hambatan penerapan pembelajaran inovatif. Jurnal Manajemen Pendidikan , 14(1), 50–60.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan . Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-10-04

How to Cite

nurul2807_. (2025). Peningkatan Murid dalam Menerima Pembelajaran dari Guru di MTs Al Washliyah Percut. Journal of Social Studies and Social Science, 1(1), 1–6. Retrieved from https://journal.uinsu.ac.id/index.php/JS4/article/view/59